2. Dalam sholat jama’ah yang bacaannya dikeraskan, mana yang lebih utama dikerjakan oleh makmum, dia membaca Al-Fatihah saat imam membaca surah lainnya atau menyimak saja (tidak membaca apa-apa sesuai dengan QS.Al-A’raf :204 ).
3. Apakah ada dalil/riwayat yang shohih untuk perbuatan makmum yang mengoreksi bacaan imam yang salah ?.
4. Mengenai shaum sunnah, apakah boleh melakukan shaum Ayyamul Bidh (tgl;13,14 dan15) berdasarkan kalender Hijriah yang sudah dicetak untuk setahun (berdasar Hisab) ?.
Jawab :
Berikut ini jawaban dari pertanyaan di atas secara berurut sesuai dengan urutan pertanyaan :
Satu : Dasar pegangan dalam masalah ini adalah hadits Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam yang berbunyi :
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻟِﻴُﺆْﺗَﻢَّ ﺑِﻪِ
“Sesungguhnya dijadikannya imam hanyalah untuk diikuti”. (HR. Al-Bukhary dan Muslim dari Anas bin Malik, riwayat Al-Bukhary dari ‘Aisyah dan riwayat Muslim dari Abu Musa)
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻟِﻴُﺆْﺗَﻢَّ ﺑِﻪِ ﻓَﻠَﺎ ﺗَﺨْﺘَﻠِﻔُﻮْﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
“Sesungguhnya dijadikannya imam hanyalah untuk diikuti, maka janganlah kalian berselisih terhadapnya”.
Menurut Imam Nawawy, hadits di atas berkaitan dengan amalan-amalan yang zhohir (nampak) dilakukan oleh imam karena itulah disebutkan rukuk dan selainnya sebagai contoh mengikuti gerakan imam. Namum tentunya hadits di atas tidaklah berlaku secara umum,sebab dimaklumi bersama bahwa ada beberapa amalan imam yang makmun tidak mengikutinya seperti ketika imam membaca Sami’allahu liman hamidah maka makmun membaca Rabbana wa lakal hamdu, dan lain-lainnya.
Demikian pula kewajiban mengikuti imam dalam hadits di atas dikhususkan oleh hadits Malik bin Al-Huwairits riwayat Al-Bukhary , dimana Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bersabda :
ﺻَﻠُّﻮْﺍ ﻛَﻤَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺘُﻤُﻮْﻧِﻲْ ﺃُﺻَﻠِّﻲْ
“Shalatlah kalian sebagai kalian melihatku melakukan sholat”. Maka berdasarkan hadits ini seseorang melakukan sholat menurut apa yang ia yakini bahwa itu adalah tuntunan sholat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam walaupun berbeda dengan imam.
Seperti kalau imam melakukan qunut shubuh maka hal tersebut tidak boleh diikuti karena qqunut shubuh adalah bid’ah dan bertentangan dengan tuntunan sholat Nabi shollallahu 'alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sehingga seharusnya ia melakukan sholat sebagaimana dengan tuntunan sholat Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam yang ia yakini yaitu tidak ikut qunut bersama imam.
Demikian pula misalnya bila imam berpendapat bahwa pada saat I’tidal seorang yang sholat kembali bersedekap maka makmun yang berkeyakinan bahwa pada saat I’tidal tidak sedekap maka ia I’tidal dengan tidak sedekap sesuai dengan keyakinannya. Wallahu A’lam .
Dua : Pendapat yang paling kuat dalam masalah apakah makmun tetap membaca Al-Fatihah atau hanya sekedar menyimak di belakang imam ketika sholat yang bacaannya dikeraskan adalah tetap membaca Al- fatihah. Dan insya Allah pembahasan terperinci tentang hal ini akan diuraikan dalam majalah An Nashihah ini pada waktu mendatang.
Tiga : Syaikh Ahmad bin Ibrahim bin Abil ‘Ainain dalam kitab beliau yang berjudul As-Sirajul Mubin fiAhkami Shalatil Jama’ah wal Imami wal Ma`mumin hal. 81-84 membahas masalah tersebut dengan baik. Dan kesimpulannya bahwa membetulkan bacaan Imam yang salah atau mengingatkan ayat-ayat yang terlupa atau tertinggal merupakan perkara yang disunnahkan menurut pendapat kebanyakan ulama. Pendapat tersebut dihikayatkan oleh Ibnul Mundzir dari ‘Utsman bin ‘Affan, ‘Ali bin Abi Tholib, Ibnu ‘Umar, ‘Atho`, Al-Hasan, Ibnu Sirin, Ibnu Ma’qil, Nafi’ bin Jubair, Abu Asma` Ar-Rahaby, Malik, Asy-Syafi’iy, Ahmad dan Ishaq. Dan Syaikh Ahmad menyebutkan beberapa dalil tentang hal tersebut,
diantaranya adalah :
Hadits riwayat Ahmad 5/123, Al-Bukhary dalam Juz`ul Qira`ah (192) dan Ibnu Khuzaimah (1647) dari Ubaiy bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
ﺻَﻠَّﻰ ﺑِﻨَﺎ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮَﻭَﺗَﺮَﻙَ ﺁﻳَﺔًَ ﻓَﺠَﺎﺀَ ﺃُﺑِﻲُّ ﻭَﻗَﺪْ ﻓَﺎﺗَﻪُ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺍﻧْﺼَﺮَﻑَﻗَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻧُﺴِﺨَﺖْ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺂﻳَﺔُ ﺃَﻭْ ﺃُﻧْﺴِﻴْﺘَﻬَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻟَﺎ ﺑَﻞْﺃُﻧْﺴِﻴْﺘُﻬَﺎ
“Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat subuh (mengimami) kami dan beliau meninggalkan satu ayat. Lalu datanglah Ubaiy dan beliau telah luput sebagaian sholat. Maka tatkala (Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam) telah selasai maka (Ubaiy) berkata : wahai Rasulullah, apakah ayat ini telah dihapus atau engkau dibuat melupakannya?. Beliau menjawab :
Tidak, bahkan aku dibuat melupakannya”. Dan diriwayatkan oleh Abu Daud dan ibnu Hibban dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma , beliau berkata :
ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺻَﻠَّﻰ ﺻَﻠَﺎﺓًﻓَﻘَﺮَﺃَ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻓَﻠُﺒِّﺲَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺍﻧْﺼَﺮَﻑَ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﺄُﺑَﻲِّ ﺃَﺻَﻠَّﻴْﺖَﻣَﻌَﻨَﺎ؟ ﻗَﺎﻝَ ﻧَﻌَﻢْ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﻤَﺎ ﻣَﻨَﻌَﻚَ
“Sesungguhnya Nabi shollallahu 'alaihi wa ‘ala alihi wa sallam melakukan suatu sholat lalu beliau membaca dan tersamarkan bagi beliau. Maka setelah beliau selesai, beliau berkata kepada Ubaiy : Apakah engkau sholat bersama kami? Ia menjawab : Iya. Maka beliau bersabda : apa yang menahan kamu (untuk mengingatkan yang tersemar tersebut,-pent.)” . (Hadits ini menurut Abu Hatim Mursal, namun Syaikh Ahmad menyebut beberapa jalan yang menguatkannya).
Wallahu Ta’ala A’lam .
Empat : penentuan masuknya bulan dalam syari’at Islam hanya dengan cara rukyat hilal. Karena itu penentuannya dengan menggunakan hisab adalah bid’ah yg tidak pernah dilakukan oleh Nabi & shohabatnya serta org-org yg mengikuti mereka dengan baik dan Juga penentuaan dengan hisab itu bertentangan dengan hadits-hadits shohih yang menerangkan penetuan masuknya bulan dengan cara rukyat hilal. Berdasarkan hal ini maka tidak boleh melakukan puasa dengan penentuan hisab. Wallahu A’lam .
Sumber : Risalah Ilmiyyah An-Nashihah, Pertanyaan (www.an-nashihah.com )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar