Pertanyaan :
1. Apakah ada tuntunan dari Rasul Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam mengenai tartib (susunan) dzikir setelah sholat fardhu ?
2. Berapa jauh (jaraknya) orang bisa lewat di depan orang yang sedang sholat yang tidak menggunakan pembatas (sutrah ) ?
Jawaban :
Dengan meminta pertolongan dari Allah, pertanyaan anda dijawab sebagai berikut :
Jawaban Pertanyaan Pertama :
Para ulama sepakat akan disunnahkannya dzikir setelah sholat
sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Nawawy dalam kitab Al-Adzkar 1/200 tahqiq Salim Al-Hilaly.
Akan tetapi tidak ada tuntunan secara pasti dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam mengenai urutan/tartib dzikir tersebut.
Maka boleh berijtihad dalam urutan dzikir tersebut.
Tapi bagi orang yang memperhatikan konteks hadits-hadits tentang dzikir di belakang sholat bisa menyimpulkan suatu kesimpulan yang baik tentang urutannya.
Tapi bagi orang yang memperhatikan konteks hadits-hadits tentang dzikir di belakang sholat bisa menyimpulkan suatu kesimpulan yang baik tentang urutannya.
Berikut ini kami sebutkan hadits-hadits tersebut :
Hadits Pertama : Hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata :
Hadits Kedua : Hadits Tsauban radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍﺍﻧْﺼَﺮَﻑَ ﻣِﻦْ ﺻَﻼَﺗِﻪِ ﺍﺳْﺘَﻐْﻔَﺮَ ﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﻗَﺎﻝَ : ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُﻭَﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟﺴَﻼَﻡُ ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﻳَﺎ ﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻡِ
“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam apabila selesai dari sholatnya, beliau istighfar (meminta ampun) tiga kali dan beliau membaca : “Allahumma Antas salam wa minkas Salam tabarakta ya dzal Jalali wal Ikram” (Wahai Allah Engkau adalah As-Salam [1] dan dari-Mulah keselamatan. Maha berkah Engkau wahai Pemilik Al-Jalal (keagungan) dan Al-Ikra m (kemuliaan). ( HSR.Muslim)
ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻠَّﻢَ ﻟَﻢْﻳَﻘْﻌُﺪْ ﺇِﻻَّ ﻣِﻘْﺪَﺍﺭَ ﻣَﺎ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻭَﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟﺴَﻼَﻡُﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖُ ﻳَﺎ ﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻡِ
“Adalah Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam apabila beliau salam, beliau tidak duduk kecuali sekedar membaca : “Allahumma Antas salam wa minkas Sala m taba rakta yadzal Jalali wal Ikram”.
Hadits Ketiga : Hadits Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍﻓَﺮَﻍَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ, ﻟَﻪُ ﺍﻟﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛًﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ.ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻻَ ﻣَﺎﻧِﻊَ ﻟِﻤَﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ ﻭَﻻَ ﻣُﻌْﻄِﻲَ ﻟِﻤَﺎ ﻣَﻨَﻌْﺖَ ﻭَﻻَ ﻳَﻨْﻔَﻊُﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﺪِّ ﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟْﺠَﺪُّ
Hadits Keempat : Hadits ‘Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhuma , beliau membaca di belakang setiap sholat ketika selesai salam :
ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ, ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ ﻻَ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻻَ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﻻَ ﻧَﻌْﺒُﺪُ ﺇِﻻَّ ﺇِﻳَّﺎﻩُ, ﻟَﻪُ ﺍﻟﻨِّﻌْﻤَﺔُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﻔَﻀْﻞُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟﺜَّﻨَﺎﺀُﺍﻟْﺤُﺴْﻨَﻰ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻣُﺨْﻠِﺼِﻴْﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦُ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺮِﻩَﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮُﻭْﻥَ. ﻭَﻗَﺎﻝَ : ﻛَﺎﻥََ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻬَﻠِّﻞُ ﺑِﻬِﻦَّ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ
ﺃَﻥَّ ﻓُﻘَﺮَﺍﺀَ ﺍﻟْﻤُﻬَﺎﺟِﺮِﻳْﻦَ ﺃَﺗَﻮْﺍ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻟُﻮْﺍ : ﺫَﻫَﺐَ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟﺪُّﺛُﻮْﺭِ ﺑِﺎﻟﺪَّﺭَﺟَﺎﺕِﺍﻟْﻌُﻠَﻲ ﻭَﺍﻟﻨَّﻌِﻴْﻢِ ﺍﻟْﻤُﻘِﻴْﻢِ. ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻭَﻣَﺎ ﺫَﺍﻙَ ؟ ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : ﻳُﺼَﻠُّﻮْﻥَﻛَﻤَﺎ ﻧُﺼَﻠِّﻲْ ﻭَﻳَﺼُﻮْﻣُﻮْﻥَ ﻛَﻤَﺎ ﻧَﺼُﻮْﻡُ ﻭَﻳَﺘَﺼَﺪَّﻗُﻮْﻥَ ﻭَﻻَ ﻧَﺘَﺼَﺪَّﻕُﻭَﻳَﻌْﺘِﻘُﻮْﻥَ ﻭَﻻَ ﻧَﻌْﺘِﻖُ . ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﺃَﻓَﻼَ ﺃُﻋَﻠِّﻤُﻜُﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺗُﺪْﺭِﻛُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ ﻣَﻦْ ﺳَﺒَﻘَﻜُﻢْﻭَﺗُﺴْﺒِﻘُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ ﻣَﻦَ ﺑَﻌْﺪَﻛُﻢْ ﻭَﻻَ ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺃَﺣَﺪٌ ﺃَﻓْﻀَﻞَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺇِﻻَّ ﻣَﻦْﺻَﻨَﻊَ ﻣِﺜْﻞَ ﻣَﺎ ﺻَﻨَﻌْﺘُﻢْ ؟ ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻗَﺎﻝَ :ﺗُﺴَﺒِّﺤُﻮْﻥَ ﻭَﺗُﻜَﺒِّﺮُﻭْﻥَ ﻭَﺗَﺤْﻤْﺪُﻭْﻥَ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَﻣَﺮَّﺓً …
“Sesungguhnya orang-orang fakir dari kaum muhajirin datang kepada Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam lalu berkata : orang-orang yang mempunyai harta yang banyak telah pergi membawa derajat-derajat yang tinggi dan kenikmatan yang kekal, maka (Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam) bertanya :”Apakah itu ?”,
mereka menjawab “mereka sholat sebagaimana kami sholat dan mereka puasa sebagaimana kami puasa (tapi) mereka bershodaqah dan kami tidak bershodaqah dan mereka membebaskan budak dan kami tidak membebaskan budak.
Hadits Keenam : Hadits Ka’ab bin ‘Ujrah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam , beliau bersabda :
ﻣُﻌَﻘِّﺒَﺎﺕٌ ﻻَ ﻳَﺨِﻴْﺐُ ﻗَﺎﺋِﻠُﻬُﻦَّ ﺃَﻭْ ﻓَﺎﻋِﻠُﻬُﻦَّ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﻣَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔٍﺛَﻼَﺙٌ ﻭَﺛَﻼَﺛُﻮْﻥَ ﺗَﺴْﺒِﻴْﺤَﺔً ﻭَﺛَﻼَﺙٌ ﻭَﺛَﻼَﺛُﻮْﻥَ ﺗَﺤْﻤِﻴْﺪَﺓً ﻭَﺃَﺭْﺑَﻊٌﻭَﺛَﻼَﺛُﻮْﻥَ ﺗَﻜْﺒِﻴْﺮَﺓً
Hadits ketujuh :Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam beliau bersabda :
ﻣَﻦْ ﺳَﺒَّﺢَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻲْ ﺩُﺑُﺮِ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﺛَﻼَﺛٍﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَ ﻭَﺣَﻤِﺪَ ﺍﻟﻠﻪَﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَ ﻭَﻛَﺒَّﺮَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَ ﻓَﺘِﻠْﻚَ ﺗِﺴْﻌَﺔٌ ﻭَﺗِﺴْﻌُﻮْﻥَﻭَﻗَﺎﻝَ ﺗَﻤَﺎﻡَ ﺍﻟْﻤِﺎﺋَﺔِ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ, ﻟَﻪُﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ ﻏُﻔِﺮَﺕْ ﺧَﻄَﺎﻳَﺎﻩُﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻣِﺜْﻞَ ﺯَﺑَﺪِ ﺍﻟْﺒَﺤْﺮِ
ﺇِﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺘَﻌَﻮَّﺫُﻣِﻨْﻬُﻦَّ ﺩُﺑُﺮَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲْ ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺠَﺒْﻦِ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَﺃَﻥْ ﺃُﺭَﺩَّ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﺭْﺫَﻝِ ﺍﻟْﻌُﻤْﺮِ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﻓِﺘْﻨَﺔِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ
“Sesungguhnya Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam selalu berta’awwudz dibelakang sholat (dengan): “Allahumma inni a’u dzu bika minal jubn wa a’u dzu bika an uradda ila ardzalil ‘umur wa a’u dzu bika min fitnatid dunya wa a’udzu bika min ‘adzabil qabr” (Ya Allah saya berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan saya berlindung kepada-Mu untuk dikembalikan ke masa kanak-kanak (menjadi pikun) dan saya berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan saya berlindung kepada-Mu dari adzab kubur”. (HSR.Bukhary)
Hadits kesembilan : Hadits Mu’a dz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam berkata kepadanya :
ﺃُﻭْﺻِﻴْﻚَ ﻳَﺎ ﻣُﻌَﺎﺫُ ﻻَ ﺗَﺪَﻋَﻦَّ ﻓِﻲْ ﺩُﺑُﺮِ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﺗَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّﺃَﻋِﻨِّﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﺫِﻛْﺮِﻙِ ﻭَﺷُﻜْﺮِﻙَ ﻭَﺣُﺴْﻦِ ﻋِﺒَﺎﺩَﺗِﻚَ
“Saya wasiatkan kepadamu wahai Mu’a dz, janganlah kamu meninggalkan dibelakang setiap sholat perkataan :”Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika” (ya Allah bantulah saya dalam berdzikir, bersyukur dan memperbagus ibadah kepada-Mu”. (Diriwayatkan oleh Abdu bin Humaid no. 120, Al-Bukha ry dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 690, Abu Daud no.1522, An-Nasa `i 3/53 dan dalam Al-Kubra 1/387, 6/42, Ibnu Khuzaimah no 751, Ibnu Hibban sebagaimana dalam Al-Ihsan no. 2020-2021, Al-Ha kim 1/407, 3/307, Al-Baihaqy dalam Ash-Shughra 1/27 dan dalam Syu’abil Iman 4/99, Al-Bazza r no.2661, Ath-Thobara ny 20/no. 110, 218, 250 dan dalam Musnad Asy-Syamiyyi n no. 1650 dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 1/241 dan dishohihkan oleh Syeikhuna Muqbil
Hadits kesepuluh : Hadits ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :
ﺃَﻣَﺮَﻧِﻲْ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻥْﺃَﻗْﺮَﺃَ ﺍﻟْﻤُﻌَﻮِّﺫَﺍﺕِ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam memerintahkanku untuk membaca Al-Muawwidzat (yaitu surah Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Nas-pent.) dibelakang setiap sholat. ( HR. An-Nasa `i 3/68 dan dalam Al-Kubra 1/387, Ibnu Khuzaimah no.755, Ibnu Hibban sebagaimana dalam Al-Ihsan no.2004, Al-Ha kim 1/383, Al-Baihaqy dalam Syu’abil Ima n 2/512-513 dan Ath-Thobara ny 17/no. 811-812 dan dishohihkan oleh Syeikh Al-Albany dalam Ta’liq Misykatul Mashobih no.959)
Hadits kesebelas : Hadits Abu ‘Uma mah Al-Ba hily, Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bersabda :
ﻣَﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﺁﻳَﺔَ ﺍﻟْﻜُﺮْﺳِﻲَّ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﻣَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔٍ ﻟَﻢْ ﻳَﺤُﻞْ ﺑَﻴْﻨَﻪُﻭَﺑَﻴْﻦَ ﺩُﺧُﻮْﻝِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺇِﻻَّ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕُ
“Siapa yang membaca ayat kursi (Al-Baqarah ayat 255-pent) dibelakang setiap sholat wajib, maka tidak ada yang memisahkannya dengan masuk surga kecuali mati”. (Dishohihkan oleh syaikh Al-Albany rahimahullah dalam Ash-Shohi hah no. 972). Lihat : Al-Adzka r 1/200-212 tahqiq Salim Al-Hila ly, Ash-shohi h Al-Musnad min Adzkaril Yaum Wal-Lailah hal.78-86 , Bahjatun Na zhirin 2/498-503 , Al-Futu hat Ar-Rabbaniyyah 3/27-63 , Majmu ‘ Al-Fatawa 22/492-493, 508-510 dan Zadul Ma’a d 1/295-305,3/27-63.
Jawaban Pertanyaan Kedua :
Sutrah adalah pembatas yang diletakkan didepan orang yang sholat guna membatasi dirinya dengan orang yang berlalu. Dan sutrah hukumnya wajib dan insya Allah pembahasan tentang hukum-hukum seputar sutrah akan dimuat dalam volume-volume yang akan datang dalam risalah ilmiyah tercinta ini.
Adapun berapa jauh jaraknya seseorang bisa lewat didepan orang yang sedang sholat kalau orang tersebut tidak memakai sutrah , dapat kita simak pada hadits-hadits dari Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam berikut ini :
ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻳُﺼَﻠِّﻲْ ﻓَﻼَ ﻳَﺪَﻋَﻦَّ ﺃَﺣَﺪًﺍ ﻳَﻤُﺮُّ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻳْﻪِ ﻭَﻟْﻴَﺪْﺭَﺃْﻩُﻣَﺎ ﺍﺳْﺘَﻄَﺎﻉَ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺑَﻰ ﻓَﻠْﻴُﻘَﺎﺗِﻠْﻪُ ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺷَﻴْﻄَﺎﻥٌ
ﻟَﻮْ ﻳَﻌْﻠَﻢُ ﺍﻟْﻤَﺎﺭُّ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ﻣَﺎﺫَﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻟَﻜَﺎﻥَ ﺃَﻥْ ﻳَﻘِﻒَﺃَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻟَﻪُ ﻣِﻦْ ﺃَﻥْ ﻳَﻤُﺮَّ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻳْﻪِ. ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺍﻟﻨَّﻀْﺮِ - ﺃَﺣَﺪُﺍﻟﺮُّﻭَﺍﺓِ - : ﻻَ ﺃَﺩْﺭِﻱْ ﺃَﻗَﺎﻝَ ﺃَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﻳَﻮْﻣًﺎ ﺃَﻭْ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﺃَﻭْ ﺳَﻨَﺔً.
Dan kalimat ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ (dihadapannya) dalam hadits, diterangkan oleh Al-Ha fizh Ibnu hajar dalam Fathul Bary 1/585 : “yaitu didepannya dari jarak dekat”. Maka dari sini diketahui bahwa apabila ada orang yang sholat tidak menghadap ke sutrah (pembatas), maka ia hanya terlarang berlalu dihadapannya dalam jarak jangkauan kedua tangan dimana sebagian ulama
mengatakan jarak sejauh tiga hasta (satu hasta adalah antara ujung jari tengah sampai siku).
Hadits Pertama : Hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata :
ﻣَﺎ ﻛُﻨَّﺎ ﻧَﻌْﺮِﻑُ ﺍﻧْﻘِﻀَﺎﺀَ ﺻَﻼَﺓِ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟﺘَّﻜْﺒِﻴْﺮِ
“kami tidak mengetahui selesainya sholat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, kecuali dengan (mendengar) takbir”. (HSR.Bukhary-Muslim ).
Hadits ini menunjukkan disyari’atkannya mengucapkan takbir
dengan suara yang keras dan Ibnu ‘Abbas menjadikan ini sebagai tanda selesainya sholat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam yang berarti takbir itu diucapkan langsung setelah sholat.
Hadits ini menunjukkan disyari’atkannya mengucapkan takbir
dengan suara yang keras dan Ibnu ‘Abbas menjadikan ini sebagai tanda selesainya sholat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam yang berarti takbir itu diucapkan langsung setelah sholat.
Hadits Kedua : Hadits Tsauban radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍﺍﻧْﺼَﺮَﻑَ ﻣِﻦْ ﺻَﻼَﺗِﻪِ ﺍﺳْﺘَﻐْﻔَﺮَ ﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﻗَﺎﻝَ : ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُﻭَﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟﺴَﻼَﻡُ ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﻳَﺎ ﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻡِ
“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam apabila selesai dari sholatnya, beliau istighfar (meminta ampun) tiga kali dan beliau membaca : “Allahumma Antas salam wa minkas Salam tabarakta ya dzal Jalali wal Ikram” (Wahai Allah Engkau adalah As-Salam [1] dan dari-Mulah keselamatan. Maha berkah Engkau wahai Pemilik Al-Jalal (keagungan) dan Al-Ikra m (kemuliaan). ( HSR.Muslim)
Imam Al-Auza ‘iy rahimahullah –salah seorang rawi hadits tersebut di atas-ditanya : “Bagaimana istighfa r ?”,
beliau menjawab : “Kamu memgucapkan Astaghfirullah, Astaghfirullah“.
Dan serupa dengannya hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim :
beliau menjawab : “Kamu memgucapkan Astaghfirullah, Astaghfirullah“.
Dan serupa dengannya hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim :
ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻠَّﻢَ ﻟَﻢْﻳَﻘْﻌُﺪْ ﺇِﻻَّ ﻣِﻘْﺪَﺍﺭَ ﻣَﺎ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻭَﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟﺴَﻼَﻡُﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖُ ﻳَﺎ ﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻡِ
“Adalah Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam apabila beliau salam, beliau tidak duduk kecuali sekedar membaca : “Allahumma Antas salam wa minkas Sala m taba rakta yadzal Jalali wal Ikram”.
Hadits Ketiga : Hadits Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍﻓَﺮَﻍَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ, ﻟَﻪُ ﺍﻟﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛًﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ.ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻻَ ﻣَﺎﻧِﻊَ ﻟِﻤَﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ ﻭَﻻَ ﻣُﻌْﻄِﻲَ ﻟِﻤَﺎ ﻣَﻨَﻌْﺖَ ﻭَﻻَ ﻳَﻨْﻔَﻊُﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﺪِّ ﻣِﻨْﻚَ ﺍﻟْﺠَﺪُّ
“Sesungguhnya Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam apabila beliau selesai dari sholat dan telah salam beliau
membaca : La ilaha illallah wahdahu la syari kalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alakullisya’in qodir.
Allahumma la ma ni’a lima a’thoita wala mu’thia lima mana’ta wala yanfa’u dzal jaddi minkal jadd (Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, satu-satu-Nya tidak ada serikat bagi-Nya. Milik-Nyalah segala kekuasaan dan pujian dan Dia atas segala sesuatu Maha mampu. Ya Allah, tidak ada penahan bagi apa yang Engkau beri dan tidak ada pemberi bagi apa yang Engkau tahan dan tidaklah bermanfaat pemilik Al-Jadd (kekayaan/kemampuan) dari-Mulah Al-Jadd”. (HSR.Bukhary-Muslim).
membaca : La ilaha illallah wahdahu la syari kalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alakullisya’in qodir.
Allahumma la ma ni’a lima a’thoita wala mu’thia lima mana’ta wala yanfa’u dzal jaddi minkal jadd (Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, satu-satu-Nya tidak ada serikat bagi-Nya. Milik-Nyalah segala kekuasaan dan pujian dan Dia atas segala sesuatu Maha mampu. Ya Allah, tidak ada penahan bagi apa yang Engkau beri dan tidak ada pemberi bagi apa yang Engkau tahan dan tidaklah bermanfaat pemilik Al-Jadd (kekayaan/kemampuan) dari-Mulah Al-Jadd”. (HSR.Bukhary-Muslim).
Hadits Keempat : Hadits ‘Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhuma , beliau membaca di belakang setiap sholat ketika selesai salam :
ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ, ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ ﻻَ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻻَ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﻻَ ﻧَﻌْﺒُﺪُ ﺇِﻻَّ ﺇِﻳَّﺎﻩُ, ﻟَﻪُ ﺍﻟﻨِّﻌْﻤَﺔُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﻔَﻀْﻞُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟﺜَّﻨَﺎﺀُﺍﻟْﺤُﺴْﻨَﻰ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻣُﺨْﻠِﺼِﻴْﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦُ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺮِﻩَﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮُﻭْﻥَ. ﻭَﻗَﺎﻝَ : ﻛَﺎﻥََ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻬَﻠِّﻞُ ﺑِﻬِﻦَّ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ
“La ilaha illallah wahdahu lasyari kalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli sya’in qodi r. Lahaula wa la quwwata illa billa h. Lailaha illalla h wa la na’budu illaiyyahu, lahun ni’matu walahul fadhl walahuts tsana `ul husna.
La ila ha illahu mukhlishi na lahuddi na walau karihal kafiru n (Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, satu-satu-Nya tidak ada serikat bagi-Nya. Kepunyaan-Nyalah segala kekuasaan dan pujian dan Dia atas segala sesuatu Maha mampu. Tiada daya
dan upaya kecuali dari Allah.
dan upaya kecuali dari Allah.
Tidak ada ila h yang berhak disembah kecuali Allah dan kami tidak menyembah kecuali hanya kepada-Nya. Milik-Nyalah segala nikmat, utamaan dan pujian yang baik.
Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dengan mengikhlaskan agama untuk-Nya dan walaupun
orang-orang kafir tidak senang).
orang-orang kafir tidak senang).
Berkata (‘Abdullah bin Zubair):
“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bertahlil dengannya di belakang setiap sholat”. (HSR. Muslim).
“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bertahlil dengannya di belakang setiap sholat”. (HSR. Muslim).
Hadits Kelima : Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :
ﺃَﻥَّ ﻓُﻘَﺮَﺍﺀَ ﺍﻟْﻤُﻬَﺎﺟِﺮِﻳْﻦَ ﺃَﺗَﻮْﺍ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻟُﻮْﺍ : ﺫَﻫَﺐَ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟﺪُّﺛُﻮْﺭِ ﺑِﺎﻟﺪَّﺭَﺟَﺎﺕِﺍﻟْﻌُﻠَﻲ ﻭَﺍﻟﻨَّﻌِﻴْﻢِ ﺍﻟْﻤُﻘِﻴْﻢِ. ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻭَﻣَﺎ ﺫَﺍﻙَ ؟ ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : ﻳُﺼَﻠُّﻮْﻥَﻛَﻤَﺎ ﻧُﺼَﻠِّﻲْ ﻭَﻳَﺼُﻮْﻣُﻮْﻥَ ﻛَﻤَﺎ ﻧَﺼُﻮْﻡُ ﻭَﻳَﺘَﺼَﺪَّﻗُﻮْﻥَ ﻭَﻻَ ﻧَﺘَﺼَﺪَّﻕُﻭَﻳَﻌْﺘِﻘُﻮْﻥَ ﻭَﻻَ ﻧَﻌْﺘِﻖُ . ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﺃَﻓَﻼَ ﺃُﻋَﻠِّﻤُﻜُﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺗُﺪْﺭِﻛُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ ﻣَﻦْ ﺳَﺒَﻘَﻜُﻢْﻭَﺗُﺴْﺒِﻘُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ ﻣَﻦَ ﺑَﻌْﺪَﻛُﻢْ ﻭَﻻَ ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺃَﺣَﺪٌ ﺃَﻓْﻀَﻞَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺇِﻻَّ ﻣَﻦْﺻَﻨَﻊَ ﻣِﺜْﻞَ ﻣَﺎ ﺻَﻨَﻌْﺘُﻢْ ؟ ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻗَﺎﻝَ :ﺗُﺴَﺒِّﺤُﻮْﻥَ ﻭَﺗُﻜَﺒِّﺮُﻭْﻥَ ﻭَﺗَﺤْﻤْﺪُﻭْﻥَ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَﻣَﺮَّﺓً …
“Sesungguhnya orang-orang fakir dari kaum muhajirin datang kepada Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam lalu berkata : orang-orang yang mempunyai harta yang banyak telah pergi membawa derajat-derajat yang tinggi dan kenikmatan yang kekal, maka (Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam) bertanya :”Apakah itu ?”,
mereka menjawab “mereka sholat sebagaimana kami sholat dan mereka puasa sebagaimana kami puasa (tapi) mereka bershodaqah dan kami tidak bershodaqah dan mereka membebaskan budak dan kami tidak membebaskan budak.
Maka Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bersabda :” Inginkah kalian saya ajari sesuatu yang dengannya kalian akan mencapai orang yang mendahului kalian dan kalian mendahului orang yang setelah kalian dan tidak ada seorangpun yang lebih utama dari kalian kecuali orang yang mengerjakan seperti apa yang kalian kerjakan?”, mereka menjawab: ”tentu wahai Rasulullah”, beliau bersabda : “kalian bertasbih, bertakbir dan bertahmid dibelakang setiap sholat sebanyak tiga puluh tiga kali ….”( HSR. Bukhary-Muslim )
Hadits Keenam : Hadits Ka’ab bin ‘Ujrah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam , beliau bersabda :
ﻣُﻌَﻘِّﺒَﺎﺕٌ ﻻَ ﻳَﺨِﻴْﺐُ ﻗَﺎﺋِﻠُﻬُﻦَّ ﺃَﻭْ ﻓَﺎﻋِﻠُﻬُﻦَّ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﻣَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔٍﺛَﻼَﺙٌ ﻭَﺛَﻼَﺛُﻮْﻥَ ﺗَﺴْﺒِﻴْﺤَﺔً ﻭَﺛَﻼَﺙٌ ﻭَﺛَﻼَﺛُﻮْﻥَ ﺗَﺤْﻤِﻴْﺪَﺓً ﻭَﺃَﺭْﺑَﻊٌﻭَﺛَﻼَﺛُﻮْﻥَ ﺗَﻜْﺒِﻴْﺮَﺓً
“Mu’aqiba t (bacaan-bacaan dibelakang sholat) dimana orang yang mengucapkannya dibelakang setiap sholat wajib tidak akan merugi, (yaitu) tasbih tiga puluh tiga (kali), tahmid tiga puluh tiga (kali) dan takbir tiga puluh empat (kali) “. (HSR.Muslim).
Hadits ketujuh :Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam beliau bersabda :
ﻣَﻦْ ﺳَﺒَّﺢَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻲْ ﺩُﺑُﺮِ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﺛَﻼَﺛٍﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَ ﻭَﺣَﻤِﺪَ ﺍﻟﻠﻪَﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَ ﻭَﻛَﺒَّﺮَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺛَﻼَﺛًﺎ ﻭَﺛَﻼَﺛِﻴْﻦَ ﻓَﺘِﻠْﻚَ ﺗِﺴْﻌَﺔٌ ﻭَﺗِﺴْﻌُﻮْﻥَﻭَﻗَﺎﻝَ ﺗَﻤَﺎﻡَ ﺍﻟْﻤِﺎﺋَﺔِ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ, ﻟَﻪُﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳْﺮٌ ﻏُﻔِﺮَﺕْ ﺧَﻄَﺎﻳَﺎﻩُﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻣِﺜْﻞَ ﺯَﺑَﺪِ ﺍﻟْﺒَﺤْﺮِ
“Siapa yang bertasbih dibelakang setiap sholat tiga puluh tiga (kali) dan bertahmid tiga puluh tiga (kali) dan bertakbir tiga puluh tiga (kali). Itu (semua) adalah sembilan puluh sembilan lalu ia berkata menggenapkan seratus (dengan mengucapkan) “La ilaha illalla hu wahdahu la syarika lahu lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syain qadi r “, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun seperti buih lautan”. (HSR. Muslim)
Hadits kedelapan : Hadits Sa’ad bin Abi Waqqa sh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :
Hadits kedelapan : Hadits Sa’ad bin Abi Waqqa sh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :
ﺇِﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺘَﻌَﻮَّﺫُﻣِﻨْﻬُﻦَّ ﺩُﺑُﺮَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲْ ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺠَﺒْﻦِ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَﺃَﻥْ ﺃُﺭَﺩَّ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﺭْﺫَﻝِ ﺍﻟْﻌُﻤْﺮِ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﻓِﺘْﻨَﺔِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ
“Sesungguhnya Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam selalu berta’awwudz dibelakang sholat (dengan): “Allahumma inni a’u dzu bika minal jubn wa a’u dzu bika an uradda ila ardzalil ‘umur wa a’u dzu bika min fitnatid dunya wa a’udzu bika min ‘adzabil qabr” (Ya Allah saya berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan saya berlindung kepada-Mu untuk dikembalikan ke masa kanak-kanak (menjadi pikun) dan saya berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan saya berlindung kepada-Mu dari adzab kubur”. (HSR.Bukhary)
Hadits kesembilan : Hadits Mu’a dz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam berkata kepadanya :
ﺃُﻭْﺻِﻴْﻚَ ﻳَﺎ ﻣُﻌَﺎﺫُ ﻻَ ﺗَﺪَﻋَﻦَّ ﻓِﻲْ ﺩُﺑُﺮِ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﺗَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّﺃَﻋِﻨِّﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﺫِﻛْﺮِﻙِ ﻭَﺷُﻜْﺮِﻙَ ﻭَﺣُﺴْﻦِ ﻋِﺒَﺎﺩَﺗِﻚَ
“Saya wasiatkan kepadamu wahai Mu’a dz, janganlah kamu meninggalkan dibelakang setiap sholat perkataan :”Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika” (ya Allah bantulah saya dalam berdzikir, bersyukur dan memperbagus ibadah kepada-Mu”. (Diriwayatkan oleh Abdu bin Humaid no. 120, Al-Bukha ry dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 690, Abu Daud no.1522, An-Nasa `i 3/53 dan dalam Al-Kubra 1/387, 6/42, Ibnu Khuzaimah no 751, Ibnu Hibban sebagaimana dalam Al-Ihsan no. 2020-2021, Al-Ha kim 1/407, 3/307, Al-Baihaqy dalam Ash-Shughra 1/27 dan dalam Syu’abil Iman 4/99, Al-Bazza r no.2661, Ath-Thobara ny 20/no. 110, 218, 250 dan dalam Musnad Asy-Syamiyyi n no. 1650 dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 1/241 dan dishohihkan oleh Syeikhuna Muqbil
dalam Al-Ja mi’ Ash-shohih)
Hadits kesepuluh : Hadits ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :
ﺃَﻣَﺮَﻧِﻲْ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻥْﺃَﻗْﺮَﺃَ ﺍﻟْﻤُﻌَﻮِّﺫَﺍﺕِ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam memerintahkanku untuk membaca Al-Muawwidzat (yaitu surah Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Nas-pent.) dibelakang setiap sholat. ( HR. An-Nasa `i 3/68 dan dalam Al-Kubra 1/387, Ibnu Khuzaimah no.755, Ibnu Hibban sebagaimana dalam Al-Ihsan no.2004, Al-Ha kim 1/383, Al-Baihaqy dalam Syu’abil Ima n 2/512-513 dan Ath-Thobara ny 17/no. 811-812 dan dishohihkan oleh Syeikh Al-Albany dalam Ta’liq Misykatul Mashobih no.959)
Hadits kesebelas : Hadits Abu ‘Uma mah Al-Ba hily, Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bersabda :
ﻣَﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﺁﻳَﺔَ ﺍﻟْﻜُﺮْﺳِﻲَّ ﺩُﺑُﺮَ ﻛُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﻣَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔٍ ﻟَﻢْ ﻳَﺤُﻞْ ﺑَﻴْﻨَﻪُﻭَﺑَﻴْﻦَ ﺩُﺧُﻮْﻝِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺇِﻻَّ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕُ
“Siapa yang membaca ayat kursi (Al-Baqarah ayat 255-pent) dibelakang setiap sholat wajib, maka tidak ada yang memisahkannya dengan masuk surga kecuali mati”. (Dishohihkan oleh syaikh Al-Albany rahimahullah dalam Ash-Shohi hah no. 972). Lihat : Al-Adzka r 1/200-212 tahqiq Salim Al-Hila ly, Ash-shohi h Al-Musnad min Adzkaril Yaum Wal-Lailah hal.78-86 , Bahjatun Na zhirin 2/498-503 , Al-Futu hat Ar-Rabbaniyyah 3/27-63 , Majmu ‘ Al-Fatawa 22/492-493, 508-510 dan Zadul Ma’a d 1/295-305,3/27-63.
Jawaban Pertanyaan Kedua :
Sutrah adalah pembatas yang diletakkan didepan orang yang sholat guna membatasi dirinya dengan orang yang berlalu. Dan sutrah hukumnya wajib dan insya Allah pembahasan tentang hukum-hukum seputar sutrah akan dimuat dalam volume-volume yang akan datang dalam risalah ilmiyah tercinta ini.
Adapun berapa jauh jaraknya seseorang bisa lewat didepan orang yang sedang sholat kalau orang tersebut tidak memakai sutrah , dapat kita simak pada hadits-hadits dari Rasulullah shollalla hu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam berikut ini :
ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻳُﺼَﻠِّﻲْ ﻓَﻼَ ﻳَﺪَﻋَﻦَّ ﺃَﺣَﺪًﺍ ﻳَﻤُﺮُّ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻳْﻪِ ﻭَﻟْﻴَﺪْﺭَﺃْﻩُﻣَﺎ ﺍﺳْﺘَﻄَﺎﻉَ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺑَﻰ ﻓَﻠْﻴُﻘَﺎﺗِﻠْﻪُ ﻓَﺈِﻧَّﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺷَﻴْﻄَﺎﻥٌ
“Apabila salah seorang dari kalian sholat maka jangan ia membiarkan seorangpun berlalu dihadapannya dan hendaklah ia menolaknya semampunya dan apabila ia tidak mau, maka hendaknya ia menahannya dengan keras, sesungguhnya dia itu tidak lain adalah syaithon”. (HSR.Bukhary-Muslim dari Abu Sa’id Al-khudry dan semakna dengannya dari Ibnu ‘Umar riwayat Muslim).
ﻟَﻮْ ﻳَﻌْﻠَﻢُ ﺍﻟْﻤَﺎﺭُّ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ﻣَﺎﺫَﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻟَﻜَﺎﻥَ ﺃَﻥْ ﻳَﻘِﻒَﺃَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻟَﻪُ ﻣِﻦْ ﺃَﻥْ ﻳَﻤُﺮَّ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻳْﻪِ. ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺍﻟﻨَّﻀْﺮِ - ﺃَﺣَﺪُﺍﻟﺮُّﻭَﺍﺓِ - : ﻻَ ﺃَﺩْﺭِﻱْ ﺃَﻗَﺎﻝَ ﺃَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﻳَﻮْﻣًﺎ ﺃَﻭْ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﺃَﻭْ ﺳَﻨَﺔً.
“Andaikata orang yang berlalu didepan orang sholat mengetahui apa yang ditimpakan atasnya (dari dosa-pent.) maka jika ia berhenti empat puluh, lebih baik baginya dari berlalu didepannya”. Berkata Abun Nadhor – salah seorang rawi- saya tidak tahu apakah ia berkata 40 hari, 40 bulan atau 40 tahun.( HSR. Bukhary-Muslim dari Abu Juhaim radhiyallahu ‘anhu ) dan banyak lagi hadits yang semakna dengannya.
Dan kalimat ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ (dihadapannya) dalam hadits, diterangkan oleh Al-Ha fizh Ibnu hajar dalam Fathul Bary 1/585 : “yaitu didepannya dari jarak dekat”. Maka dari sini diketahui bahwa apabila ada orang yang sholat tidak menghadap ke sutrah (pembatas), maka ia hanya terlarang berlalu dihadapannya dalam jarak jangkauan kedua tangan dimana sebagian ulama
mengatakan jarak sejauh tiga hasta (satu hasta adalah antara ujung jari tengah sampai siku).
Berkata syaikh Ibnu Bazz dalam ta’liq beliau terhadap Fathul Ba ry 1/582 :
“Kapan orang yang berlalu jauh dari hadapan orang yang sholat yang tidak meletakkan sutrah didepannya, maka ia telah selamat dari dosa, karena apabila ia telah jauh darinya menurut kebiasaan anggapan orang, maka tidaklah ia dinamakan orang yang berlalu dihadapannya dan ini sama halnya dengan orang berlalu dari belakang sutrah“.
“Kapan orang yang berlalu jauh dari hadapan orang yang sholat yang tidak meletakkan sutrah didepannya, maka ia telah selamat dari dosa, karena apabila ia telah jauh darinya menurut kebiasaan anggapan orang, maka tidaklah ia dinamakan orang yang berlalu dihadapannya dan ini sama halnya dengan orang berlalu dari belakang sutrah“.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar