Bismillah, minta nasehatnya ustadz mengenai dai yang mengatakan bagi penuntut ilmu yang baru bljr, kalian bljr dlu dmn sja. jgn permasalahkan mengenai golongan2 dlu. Blm saatnya kalian bljr bgtu.
Jawab ;
Ini adalah ungkapan yang salah, krn ilmu itu diambil dari orang2 yang jelas kebenaran agama yang ia bawa.
Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
يحمل هذا العلم من كل خلف عدوله
_"Ilmu ini dibawa oleh orang-orang yang adilnya saja pada setiap generasinya."_
Sabtu, 21 Oktober 2017
Selasa, 10 Oktober 2017
MAKHLUK-MAKHLUK ALLAH YANG KEKAL
●●● MAKHLUK-MAKHLUK ALLAH YANG KEKAL ●●●
.
.
Di antara makhluk Allah yang Allah kehendaki untuk tidak hancur adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Imam Al-Barbahari Dalam Syarhus-Sunnah, beliau berkata:
وكل شيء مما أوجب الله عليه الفناء يفنى إلا الجنة والنار والعرش والكرسي والصور والقلم واللوح ليس يفنى شيء من هذا أبدا ثم يبعث الله الخلق على ما أماتهم عليه يوم القيامة يحاسبهم بما شاء فريق في الجنة وفريق في السعير ويقول لسائر الخلق ممن لم يخلق للبقاء كونوا ترابا
Artinya: “Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah -subhanahu wa ta’ala- kehancurannya maka akan hancur, kecuali:
1. Surga.
2. Neraka.
3. ‘Arsy.
4. Kursi.
5. Ruh.
6. Al-Qalam.
7. Al-Lauh Al-Mahfudz.
Tidak akan punah dari hal ini sedikitpun selama- lamanya. Kemudian pada hari kiamat Allah -subhanahu wata’ala- akan membangkitkan semua makhluk sesuai dengan keadaan mereka masing-masing ketika Allah -subhanahu wata’ala- mematikannya dahulu, dan Allah -subhanahu wata’ala- akan menghisab mereka dengan sekehendak-Nya. Sebagian di Surga dan sebagian di Neraka yang menyala-nyala dan Allah -subhanahu wata’ala- akan mengatakan kepada seluruh makhluk yang tidak diciptakan untuk kekal, “Jadilah kalian debu”.
___________
(Syarhus-Sunnah lil Imam Al-Barbahari, hal. 85)
.
Yang ke delapan adalah:
8. Tulang Ekor Manusia.
.
■■ 1. TENTANG SURGA
.
Allah berfirman:
وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ
Artinya: “Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya”.
___________
(QS. Hud: 108)
.
■■ 2. TENTANG NERAKA
.
Allah berfirman:
فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ
خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ
Artinya: “Maka adapun orang-orang yang sengsara, maka (tempatnya) di dalam neraka, di sana mereka mengeluarkan dan menarik nafas dengan merintih, Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sungguh, Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki”.
___________
(QS. Hud: 106-107)
.
■■ 3. TENTANG `ARSY
.
Allah berfirman:
وَتَرَى الْمَلائِكَةَ حَافِّينَ مِنْ حَوْلِ الْعَرْشِ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَقِيلَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Artinya: “Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam”.
___________
(QS. Az-Zumar: 75)
.
■■ 4. TENTANG KURSIY
.
Ibnu Abbas -radhiallahu anhu- berkata:
الكرسي موضع القدمين ، والعرش لا يقدر أحد قدره
Artinya: “Al-Kursiy adalah tempat kedua kaki (Allah), sedangkan Arsya tidak ada seorang pun yang dapat memperkirakan ukurannya”.
___________
(Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam kitab At-Tauhid [1/248 no. 154] dishahihkan oleh Al-Imam Al-Albany dalam Mukhtashar Al-`Uluw, hal. 102).
.
Abu Musa Al-Asy'ari -radhiallahu `anhu- berkata:
الكرسي موضع القدمين، وله أطيطٌ كأطيطِ الرَّحْل
Artinya: “Al-Kursiy adalah tempat kedua kaki (Allah), dia memiliki suara gesekan seperti suara gesekan kendaraan tunggangan”.
___________
(Diriwayatkan oleh Abdullah bin Imam Ahmad dalam kitab As-Sunah, Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Arasy. dishahihkan oleh Al-Imam Al-Albany dalam Mukhtashar Al-Uluw, hal. 123-124).
.
■■ 5. TENTANG RUH
.
Ruh adalah perkara yang seorang hamba tidaklah diberi pengetahuan kecuali sedikit saja, sebagaimana Allah berfirman:
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلا قَلِيلا
Artinya: “Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah: "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit”. (Surat Al-Israa’: 85).
.
Di antara para ulama` yang memegang pendapat bahwa ruh itu kekal adalah mereka berdalil dengan hadits-hadits Nabi –shallallahu `alaihi wa sallam- yang menjelaskan tentang adanya adzab dan nikmat bagi ruh seseorang setelah kematiannya sampai ruhnya di kembalikan ke jasadnya.
.
■■ 6. TENTANG AL-QALAM
.
Nabi –sallallahu`alaihi wa sallam- bersabda:
إن أول ما حلق الله القلم, قل له: أكتب! قل: رب وماذا أكتب؟ قل: أكتب مقادير كل شيء حتى تقوم الساعة
Artinya: Yang pertama kali Allah ciptakan adalah al-qalam (pena), lalu Allah berfirman: Tulislah! Ia bertanya: Wahai Rabb-ku apa yang harus aku tulis?, Allah berfirman: Tulislah takdir segala sesuatu sampai terjadinya Kiamat”.
___________
(HR. Abu Dawud no. 4700, At-Tirmidzi no. 2155)
.
■■ 7. TENTANG AL-LAUH AL-MAHFUDZ
.
Allah berfirman:
وَمَا مِنْ غَائِبَةٍ فِي السَّمَاءِ وَالأرْضِ إِلا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ
Artinya: “Dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di langit dan di bumi, melainkan (tercatat) dalam kitab yang jelas (Lauh Mahfuzh)”.
___________
(QS. An-Naml: 75).
.
Para ulama` juga menyebutkan tentang dalil kekalnyanya Al-Qalam dan Al-Lauh Al-Mahfudz adalah berdasarkan hadits Nabi –sallallahu`alaihi wa sallam-:
كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ قَبْلَهُ ، وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ ، ثُمَّ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ ، وَكَتَبَ فِي الذِّكْرِ كُلَّ شَيْءٍ
Artinya: “Allah telah ada sebelum segala sesuatu ada, dan `Arsy-Nya berada di atas air, kemudian Allah menciptakan langit dan bumi, dan menulis di al-lauh al-mahfudz tentang segala perkara”.
___________
(HR. Al-Bukhari no. 7418)
.
■■ 8. TENTANG TULANG EKOR (sulbi)
.
Rasulullah –sallallahu`alaihi wa sallam-bersabda:
كُلُّ ابْنِ آدَمَ يَأْكُلُهُ التُّرَابُ إِلَّا عَجْبَ الذَّنَبِ مِنْهُ خُلِقَ وَفِيهِ يُرَكَّبُ
Artinya: “Seluruh bagian tubuh anak Adam akan musnah dimakan bumi kecuali tulang ekor. Darinyalah ia diciptakan dan darinyalah ia dirakit kembali”.
___________
(HR. Muslim no 2955).
.
Allahu A`lam.
.
|Abu Uwais Musaddad
|Kotaraya, Senin 19 Al-Muharram 1439 H/09 Oktober 2017 M.
.
.
Di antara makhluk Allah yang Allah kehendaki untuk tidak hancur adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Imam Al-Barbahari Dalam Syarhus-Sunnah, beliau berkata:
وكل شيء مما أوجب الله عليه الفناء يفنى إلا الجنة والنار والعرش والكرسي والصور والقلم واللوح ليس يفنى شيء من هذا أبدا ثم يبعث الله الخلق على ما أماتهم عليه يوم القيامة يحاسبهم بما شاء فريق في الجنة وفريق في السعير ويقول لسائر الخلق ممن لم يخلق للبقاء كونوا ترابا
Artinya: “Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah -subhanahu wa ta’ala- kehancurannya maka akan hancur, kecuali:
1. Surga.
2. Neraka.
3. ‘Arsy.
4. Kursi.
5. Ruh.
6. Al-Qalam.
7. Al-Lauh Al-Mahfudz.
Tidak akan punah dari hal ini sedikitpun selama- lamanya. Kemudian pada hari kiamat Allah -subhanahu wata’ala- akan membangkitkan semua makhluk sesuai dengan keadaan mereka masing-masing ketika Allah -subhanahu wata’ala- mematikannya dahulu, dan Allah -subhanahu wata’ala- akan menghisab mereka dengan sekehendak-Nya. Sebagian di Surga dan sebagian di Neraka yang menyala-nyala dan Allah -subhanahu wata’ala- akan mengatakan kepada seluruh makhluk yang tidak diciptakan untuk kekal, “Jadilah kalian debu”.
___________
(Syarhus-Sunnah lil Imam Al-Barbahari, hal. 85)
.
Yang ke delapan adalah:
8. Tulang Ekor Manusia.
.
■■ 1. TENTANG SURGA
.
Allah berfirman:
وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ
Artinya: “Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya”.
___________
(QS. Hud: 108)
.
■■ 2. TENTANG NERAKA
.
Allah berfirman:
فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ
خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ
Artinya: “Maka adapun orang-orang yang sengsara, maka (tempatnya) di dalam neraka, di sana mereka mengeluarkan dan menarik nafas dengan merintih, Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sungguh, Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki”.
___________
(QS. Hud: 106-107)
.
■■ 3. TENTANG `ARSY
.
Allah berfirman:
وَتَرَى الْمَلائِكَةَ حَافِّينَ مِنْ حَوْلِ الْعَرْشِ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَقِيلَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Artinya: “Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam”.
___________
(QS. Az-Zumar: 75)
.
■■ 4. TENTANG KURSIY
.
Ibnu Abbas -radhiallahu anhu- berkata:
الكرسي موضع القدمين ، والعرش لا يقدر أحد قدره
Artinya: “Al-Kursiy adalah tempat kedua kaki (Allah), sedangkan Arsya tidak ada seorang pun yang dapat memperkirakan ukurannya”.
___________
(Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam kitab At-Tauhid [1/248 no. 154] dishahihkan oleh Al-Imam Al-Albany dalam Mukhtashar Al-`Uluw, hal. 102).
.
Abu Musa Al-Asy'ari -radhiallahu `anhu- berkata:
الكرسي موضع القدمين، وله أطيطٌ كأطيطِ الرَّحْل
Artinya: “Al-Kursiy adalah tempat kedua kaki (Allah), dia memiliki suara gesekan seperti suara gesekan kendaraan tunggangan”.
___________
(Diriwayatkan oleh Abdullah bin Imam Ahmad dalam kitab As-Sunah, Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Arasy. dishahihkan oleh Al-Imam Al-Albany dalam Mukhtashar Al-Uluw, hal. 123-124).
.
■■ 5. TENTANG RUH
.
Ruh adalah perkara yang seorang hamba tidaklah diberi pengetahuan kecuali sedikit saja, sebagaimana Allah berfirman:
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلا قَلِيلا
Artinya: “Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah: "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit”. (Surat Al-Israa’: 85).
.
Di antara para ulama` yang memegang pendapat bahwa ruh itu kekal adalah mereka berdalil dengan hadits-hadits Nabi –shallallahu `alaihi wa sallam- yang menjelaskan tentang adanya adzab dan nikmat bagi ruh seseorang setelah kematiannya sampai ruhnya di kembalikan ke jasadnya.
.
■■ 6. TENTANG AL-QALAM
.
Nabi –sallallahu`alaihi wa sallam- bersabda:
إن أول ما حلق الله القلم, قل له: أكتب! قل: رب وماذا أكتب؟ قل: أكتب مقادير كل شيء حتى تقوم الساعة
Artinya: Yang pertama kali Allah ciptakan adalah al-qalam (pena), lalu Allah berfirman: Tulislah! Ia bertanya: Wahai Rabb-ku apa yang harus aku tulis?, Allah berfirman: Tulislah takdir segala sesuatu sampai terjadinya Kiamat”.
___________
(HR. Abu Dawud no. 4700, At-Tirmidzi no. 2155)
.
■■ 7. TENTANG AL-LAUH AL-MAHFUDZ
.
Allah berfirman:
وَمَا مِنْ غَائِبَةٍ فِي السَّمَاءِ وَالأرْضِ إِلا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ
Artinya: “Dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di langit dan di bumi, melainkan (tercatat) dalam kitab yang jelas (Lauh Mahfuzh)”.
___________
(QS. An-Naml: 75).
.
Para ulama` juga menyebutkan tentang dalil kekalnyanya Al-Qalam dan Al-Lauh Al-Mahfudz adalah berdasarkan hadits Nabi –sallallahu`alaihi wa sallam-:
كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ قَبْلَهُ ، وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ ، ثُمَّ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ ، وَكَتَبَ فِي الذِّكْرِ كُلَّ شَيْءٍ
Artinya: “Allah telah ada sebelum segala sesuatu ada, dan `Arsy-Nya berada di atas air, kemudian Allah menciptakan langit dan bumi, dan menulis di al-lauh al-mahfudz tentang segala perkara”.
___________
(HR. Al-Bukhari no. 7418)
.
■■ 8. TENTANG TULANG EKOR (sulbi)
.
Rasulullah –sallallahu`alaihi wa sallam-bersabda:
كُلُّ ابْنِ آدَمَ يَأْكُلُهُ التُّرَابُ إِلَّا عَجْبَ الذَّنَبِ مِنْهُ خُلِقَ وَفِيهِ يُرَكَّبُ
Artinya: “Seluruh bagian tubuh anak Adam akan musnah dimakan bumi kecuali tulang ekor. Darinyalah ia diciptakan dan darinyalah ia dirakit kembali”.
___________
(HR. Muslim no 2955).
.
Allahu A`lam.
.
|Abu Uwais Musaddad
|Kotaraya, Senin 19 Al-Muharram 1439 H/09 Oktober 2017 M.
JANGAN KHAWATIR AKAN REZEKI KELUARGAMU
_*JANGAN KHAWATIR AKAN REZEKI KELUARGAMU.*_
*Hatim Al-Ashom* rahimahullah berkata :
*لي أربعة نسوة وتسعة أولاد,*
*ما طمع الشيطان أن يوسوس لي في شيء من أرزاقهم.*
Aku memiliki 4 istri dan 9 anak.
Akan tetapi syaithon tidak mampu membisikkan was-was kepadaku akan rezeki mereka.
📚.Sumber :
*Tarikhul Islam : 17/119.*
——————————————
Sahl Abu 'abdillah
*Hatim Al-Ashom* rahimahullah berkata :
*لي أربعة نسوة وتسعة أولاد,*
*ما طمع الشيطان أن يوسوس لي في شيء من أرزاقهم.*
Aku memiliki 4 istri dan 9 anak.
Akan tetapi syaithon tidak mampu membisikkan was-was kepadaku akan rezeki mereka.
📚.Sumber :
*Tarikhul Islam : 17/119.*
——————————————
Sahl Abu 'abdillah
Sabtu, 07 Oktober 2017
Dialog Sheikh dan pria Ingris...
DIALOG SHEIKH DAN PRIA INGGRIS...
Seorang pria Inggris datang ke seorang Sheikh dan bertanya:
Mengapa tidak diperbolehkan dalam Islam bagi perempuan
untuk berjabat tangan dengan seorang pria?
Sheikh menjawab: Dapatkah Anda berjabat tangan dengan
Ratu Elizabeth?
Orang Inggris berkata: Tentu saja tidak, hanya ada orang-
orang tertentu yang bisa berjabat tangan dengan Ratu Elizabeth
Sheikh menjawab: Wanita kami adalah ratu dan ratu tidak
berjabat tangan dengan laki-laki asing.
Kemudian pria Inggris bertanya lagi: Mengapa gadis-gadis muslim
menutupi tubuh mereka dan rambutnya?
Sang Sheikh tersenyum dan mengambil dua permen, ia membuka yang
pertama dan yang lain dibiarkan terbungkus. Dia melemparkan
keduanya di lantai berdebu dan bertanya pd orang Inggris itu:
Jika saya meminta Anda untuk mengambil salah satu permen,mana yang akan Anda pilih?
Orang Inggris menjawab:
Tentu saja yang tertutup.
Sheikh mengatakan:
Itulah cara kami melihat wanita di islam.
Dengan pakaian menutupi aurat, derajat perempuan islam lebih baik daripada tidak tertutup.
=================================